Sabtu, 14 Februari 2015

MAKALAH FONOLOGI

FONOLOGI




MAKALAH

Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia


Oleh:




Muchammad Abdush S.
NIM 113008









SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PATI
JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
2013






KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil’alamin, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehinnga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Fonologi” tepat pada waktunya.
Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia. Adapun isi dari makalah yaitu menjelaskan tentang batasan dan kajian fonologi, beberapa pengetian mengenai tata bunyi, kajian fonetik, kajian fonemik, gejala fonologi Bahasa Indonesia.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Kedua Orang Tua yang selalu mendo’akan
2.      Dosen pengampuDra. Suryatun, M.Pd.
3.      Pihak-pihak yang membantusehinggamakalahinibisaselesai.

Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Hal ini semata-mata karena keterbatasan kemampuan penulis sendiri. Oleh karena itu, sangatlah penulis harapkan saran dan kritik yang positif dan membangun dari semua pihak agar makalah ini menjadi lebih baik dan berdaya guna di masa yang akan datang.

                                                                                            Pati, Oktober 2013

                                                                                             Penulis






DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................................... iii

BAB I      PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Penulisan .................................................................................. 1
B.       Rumusan Masalah ............................................................................................ 1
C.       Tujuan Penulisan .............................................................................................. 1
D.       Manfa’at Penulisan ........................................................................................... 2

BAB II    KAJIAN PUSTAKA
A.       Batasan dan Kajian Fonologi............................................................................. 3
B.       Beberapa Pengertian Mengenai Tata Bunyi......................................................... 3
C.       Kajian Fonetik.................................................................................................. 4
D.       Kajian Fonemik................................................................................................ 8
E.        Gejala Fonologi Bahasa Indonesia..................................................................... 9

BAB III   PENUTUP
A.       Kesimpulan ..................................................................................................... 11
B.       Saran .............................................................................................................. 11

DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... ..... 13





BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi yang dipakai manusia untuk tujuan komunikasi. Oleh karena itu pengajaran Bahasa Indonesia pada hakekatnya mempunyai ruang lingkup dan tujuan yang menumbuhkan kemampuan mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dan benar.
Banyak kajian teori mengenai bahasa ini. Salah satunya kajian tentang fonologi. Sebagai calon pendidik selayaknya memahami kajian tentang fonologi ini untuk dijadikan pedoman mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia. Penulis merasa perlu untuk menyusun makalah ini agar dapat membantu penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya untuk mengetahui tentang batasan dan kajian fonologi, beberapa pengetian mengenai tata bunyi, kajian fonetik, kajian fonemik, gejala fonologi Bahasa Indonesia.
                                                                                                
B.       Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalahnya, yaitu:
1.         Bagaimana batasan dan kajian fonologi
2.         Bagaimanaartitata bunyi (fonem dan alofon)
3.         Bagaimana yang dimaksud dengan kajian fonetik
4.         Bagaimana yang dimaksud dengan kajian fonemik
5.         Bagaimana gejala fonologi Bahasa Indonesia



C.      Tujuan Penulisan
Adapun beberapa tujuan dalam penulisan makalah ini, yaitu:
1.         Menjelaskan batasan dan kajian fonologi
2.         Menjelaskanbeberapa pengetian mengenai tata bunyi (fonem dan alofon)
3.         Menjelaskankajian fonetik
4.         Menjelaskan kajian fonemik
5.         Menjelaskan gejala fonologi Bahasa Indonesia

D.      Manfa’at Penulisan
Adapun beberapa tujuan dalam penulisan makalah ini, yaitu:
1.         Meningkatkan pemahaman batasan dan kajian fonologi
2.         Meningkatkan pemahaman beberapa pengetian mengenai tata bunyi (fonem dan alofon)
3.         Meningkatkan pemahaman kajian fonetik
4.         Meningkatkan pemahaman kajian fonemik
5.         Meningkatkan pemahaman gejala fonologi Bahasa Indonesia



BAB II
KAJIAN PUSTAKA


A.      Batasan dan Kajian Fonologi
Istilah fonologi berasal dari bahasa Yunani yaitu phone = ‘bunyi’, logos = ‘ilmu’. Secara harfiah, fonologi adalah ilmu bunyi.
Fonologi merupakan bagian dari ilmu bahasa yang mengkaji bunyi. Objek kajian fonologi yang pertama bunyi bahasa (fon) yang disebut tata bunyi (fonetik) dan yang kedua mengkaji fonem yang disebut tata fomen (fonemik).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional.

B.       Beberapa Pengetian Mengenai Tata Bunyi
1.         Fonem
Istilah fonem dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa terkecil yang bersifat fungsional, artinya satuan fonem memiliki fungsi untuk membedakan makna.
Fonem dalam bahasa mempunyai beberapa macam lafal yang bergantung pada tempatnya dalam kata atau suku kata. Contoh fonem /t/ jika berada di awal kata atau suku kata, dilafalkan secara lepas. Pada kata /topi/, fonem /t/ dilafalkan lepas. Namun jika berada di akhir kata, fonem /t/ tidak diucapkan lepas. Bibir kita masih tetap rapat tertutup saat mengucapkan bunyi, misal pada kata /buat/.
2.      Alofon
Varian fonem berdasarkan posisi dalam kata, misal fonem pertama pada kata makan dan makna secara fonetis berbeda. Variasi suatu fonem
yang tidak membedakan arti dinamakan alofon. Alofon dituliskan diantara dua kurung siku […]. Kalau[p] yang lepas kita tandai dengan [p] saja, sedangkan [p] yang tak lepas kita tandai dengan [p>]. Maka kita dapat berkata bahwa dalam Bahasa Indonesia fonem /p/ mempunyai dua alofon, yakni [p] dan [p>].

C.      Kajian Fonetik
1.         Klasifikasi Bunyi
a)        Berdasarkan ada tidaknya rintangan terhadap arus udara dalam saluran suara.
1)        Vokal adalah bunyi bahasa yang arus udaranya tidak mengalami rintangan. Pada pembentukan vokal tidak ada artikulasi.
2)        Konsonan adalah bunyi bahasa yang dibentuk dengan menghambat arus udara pada sebagian alat ucap. Dalam hal ini terjadi artikulasi.
3)        Bunyi semi-vokal adalah bunyi yang secara praktis termasuk konsonan, tetapi karena pada waktu diartikulasikan belum membentuk konsonan murni.
b)        Berdasarkan jalan keluarnya arus udara.
1)        Bunyi nasal, yaitu bunyi yang dihasilkan dengan menutup arus udara ke  luar melalui rongga mulut dan membuka jalan agar arus udara dapat keluar melalui rongga hidung.
2)        Bunyi oral, yaitu bunyi yang dihasilkan dengan jalan mengangkat ujung anak tekak mendekati langit-langit lunak untuk menutupi rongga hidung, sehingga arus udara keluar melalui mulut.
c)      Berdasarkan ada tidaknya ketegangan arus udara saat bunyi di artikulasikan.
1)        Bunyi keras (fortis), yaitu bunyi bahasa yang pada waktu di artikulasikan disertai ketegangan kuatarus.
2)        Bunyi lunak (lenis), yaitu bunyi yang pada waktu di artikulasikan tidak disertai ketegangan kuatarus.
d)        Berdasarkan lamanya bunyi pada waktu diucapkan atau diartikulasikan
1)        Bunyi panjang
2)        Bunyi pendek
e)        Berdasarkan derajat kenyaringannya
Bunyi dibedakan menjadi bunyi nyaring dan bunyi tak nyaring. Derajat kenyaringan ditentukan oleh luas atau besarnya ruang resonansi pada waktu bunyi diucapkan. Makin luas ruang resonansi saluran bicara waktu membentuk bunti, makin tinggi derajat kenyaringannya. Begitu pula sebaliknya.
f)        Berdasarkan perwujudannya dalam suku kata
1)        Bunyi tunggal, yaitu bunyi yang berdiri sendiri dalam satu suku kata (semua bunyi vokal atau monoftong dan konsonan).
2)        Bunyi rangkap, yaitu dua bunyi atau lebih yang terdapat dalam satu suku kata. Bunyi rangkap terdiri dari
3)        Diftong (vocal rangkap) : [ai], [au] dan [oi].
4)       Klaster (gugus konsonan) : [pr], [kr], [tr] dan [bl].
g)        Berdasarkan arus udara
1)        Bunyi egresif, yaitu bunyi yang di bentuk dengan cara mengeluarkan arus udara dari dalam paru-paru. Bunyi egresif di bedakan menjadi :
(a)      Bunyi egresif pulmonik : di bentuk dengan mengecilkan ruang paru-paru,otot perut dan rongga dada.
(b)      Bunyi egresif glotalik : terbentuk dengan cara merapatkan pita suara sehingga glottis dalam keadaan tertutup.
2)        Bunyi ingresif, yaitu bunyi yang di bentuk dengan cara menghisap udara ke dalam paru-paru.
(a)      Ingresif glotalik : pembentukannya sama dengan egresif glotalik tetapi berbeda pada arus udara.
(b)      Ingresif velarik : di bentuk dengan menaikkan pangkal lidah di tempatkan pada langit-langit lunak.
Kebanyakan bunyi bahasa Indonesia merupakan bunyi egresif.

2.        Pembentukan Vokal, Konsonan, Diftong, dan Kluster
a)        Pembentukan Vokal
Vokal dibedakan berdasarkan tinggi rendahnya lidah, bagian lidah yang bergerak, bentuk bibir, dan strikturnya. Berikut ini jenis-jenis vokal berdasarkan cara pembentukannya, yakni:
1)        Berdasarkan bentuk bibir : vokal bulat, vokal netral, dan vokal tak bulat;
2)        Berdasarkan tinggi rendahnya lidah : vokal tinggi, vokal madya (sedang), dan vokal rendah;
3)        Berdasarkan bagian lidah yang bergerak : vokal depan, vokal tengah, dan vokal belakang;
4)       Berdasarkan strikturnya : vokal tertutup, vokal semi-tertutup, vokal semi-terbuka, dan vokal terbuka.
b)        Pembentukan Konsonan
Pembentukan konsonan didasarkan pada empat faktor, yakni daerah srtikulasi, cara artikulasi, keadaan pita suara, dan jalan keluarnya udara. Berikut ini klasifikasi konsonan tersebut:
1)        Berdasarkan daerah artikulasi : konsonan bilabial, labio dental, apikodental, apikoalveolar, palatal, velar, glotal, dan laringal;
2)        Berdasarkan cara artikulasi : konsonan hambat, frikatif, getar, lateral, nasal, dan semi-vokal;
3)        Berdasarkan keadaan pita suara : konsonan bersuara dan konsonan tak bersuara;
4)       Berdasarkan jalan keluarnya udara : konsonan oral dan konsonan nasal.
c)        Pembentukan Diftong
Diftong adalah dua buah vokal yang berdiri bersama dan pada saat diucapkan berubah kualitasnya. Perbedaan vokal dengan diftong adalah terletak pada cara hembusan nafasnya.
Diftong dalam bahasa indonesia adalah sebagai berikut:
1)        Diftong /au/, pengucapannya [aw]. Contohnya :
[harimaw] /harimau/
[kerbaw] /kerbau/
2)        Diftong /ai/, pengucapannya [ay]. Contohnya :
[santay] /santai/
[sungay] /sungai/
3)        Diftong /oi/, pengucapannya [oy]. Contohnya :
[amboy] /amboi/
[asoy] /asoi/
d)        Pembentukan Kluster
Gugus atau kluster adalah deretan konsonan yang terdapat bersama pada satu suku kata.
1)        Gugus konsonan pertama : /p/,/b/,/t/,/k/,/g/,/s/ dan /d/.
2)        Gugus konsonan kedua : /l/,/r/ dan /w/.
3)        Gugus konsonan ketiga : /s/,/m/,/n/ dan /k/.
4)       Gugus konsonan keduanya adalah konsonan lateral /l/, misalnya :
(a)      /pl/ [pleno] /pleno/
(b)      /bl/ [blaƞko] /blangko/
(c)      Dan begitu seterusnya hingga konsonan kedua /r/ dan /w/.
5)        Jika tiga konsonan berderet, maka konsonan pertama selalu /s/, yang kedua /t/,/p/ dan /k/ dan yang ketiga adalah /r/ atau /l/. Contohnya :
(a)      /spr/ [sprey] /sprei
(b)      /skr/ [skripsi] /skripsi/
(c)      /skl/ [sklerosis] /sklerosis/
                           
D.      Kajian Fonemik
Istilah fonem dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa terkecil yang bersifat fungsional, artinya satuan fonem memiliki fungsi untuk membedakan makna. Fonem juga dapat dibatasi sebagai unit bunyi yang bersifat distingtif  atau unit bunyi yang signifikan.
Dalam hal ini perlu adanya fonemisasi yang ditujukan untuk menemukan bunyi-bunyi yang berfungsi dalam rangka pembedaan makna tersebut. Dengan demikian fonemisasi itu bertujuan untuk
1. menentukan struktur fonemis sebuah bahasa, dan
2. membuat ortografi yang praktis atau ejaan sebuah bahasa.
Untuk mengenal dan menentukan bunyi-bunyi bahasa yang bersifat fungsional atau fonem, biasanya dilakukan melalui “ kontras pasangan minimal”.
Dalam hal ini pasangan minimal ialah pasangan bentuk-bentuk bahasa yang terkecil dan bermakna dalam sebuah bahasa (biasanya berupa kata tunggal) yang secara ideal sama, kecuali satu bunyi berbeda.  Sekurang-kurangnya ada empat premis untuk mengenali sebuah fonem, yakni
1. bunyi bahasa dipengaruhi lingkungannya,
2. bunyi bahasa itu simetris,
3. bunyi bahasa yang secara fonetis mirip, harus digolongkan ke dalam kelas fonem yang berbeda, dan
4. bunyi bahasa yang bersifat komplementer harus dimasukkan ke dalam kelas fonem yang sama.

1.         Realisasi Fonem
Realisasi fonem adalah pengungkapan yang sebenarnya dari ciri atau satuan fonologis, yakni  fonem menjadi bunyi bahasa. Realisasi fonem erat kaitannya dengan variasi fonem. Variasi fonem merupakan salah satu wujud pengungkapan dari realisasi fonem. Secara segmental fonem bahasa Indonesia dibedakan atas vokal dan konsonan.
2.        Variasi Fonem
Variasi fonem adalah wujud pelbagai manifestasi bersyarat maupun tak bersyarat dari fonem. Wujud variasi suatu fonem yang ditentukan oleh lingkungannya dalam distribusi yang komplementer disebut varian alofonis atau alofon.

E.       Gejala Fonologi Bahasa Indonesia
1.         Penambahan Fonem
Penambahan fonem pada suatu kata pada umumnya berupa penambahan bunyi vokal. Penambahan ini dilakukan untuk kelancaran ucapan.
2.        Penghilangan Fonem
Penghilangan fonem adalah hilangnya bunyi atau fonem pada awal, tengah dan akhir sebuah kata tanpa mengubah makna. Penghilangan ini biasanya berupa pemendekan kata.
3.         Perubahan Fonem
Perubahan fonem adalah berubahnya bunyi atau fonem pada sebuah kataagar kata menjadi terdengar dengan jelas atau untuk tujuan tertentu.
4.        Kontraksi
Kontraksi adalah gejala yang memperlihatkan adanya satu atau lebih fonem yang dihilangkan. Kadang-kadang ada perubahan atau penggantian fonem.
5.         Analogi
Analogi adalah pembentukan suatu kata baru berdasarkan suatu contoh yang sudah ada (Keraf, 1987:133).
6.          Fonem Suprasegmental
Fonem vokal dan konsonan merupakan fonem segmental karena dapat diruas-ruas. Fonem tersebut biasanya terwujud bersama-sama dengan ciri suprasegmentalseperti tekanan, jangka dan nada. Disamping ketiga ciri itu, pada untaian terdengar pula ciri suprasegmental lain, yakni intonasi dan ritme.
a)        Jangka, yaitu panjang pendeknya bunyi yang di ucapkan. Tanda […]
b)        Tekanan, yaitu penonjolan suku kata dengan memperpanjang pengucapan, meninggikan nada dan memperbesar intensitas tenaga dalam pengucapan suku kata tersebut.
c)        Jeda atau sendi, yaitu cirri berhentinya pengucapan bunyi.
d)        Intonasi, adalah cirri suprasegmental yang berhubungan dengan naik turunnya nada dalam pelafalan kalimat.
e)        Ritme, adalah ciri suprasegmental yang berhubungan dengan pola pemberian tekanan pada kata dalam kalimat.
Pada tataran kata, tekanan, jangka, dan nada dalam bahasa Indonesia tidak membedakan makna. Namun, pelafalan kata yang menyimpang dalam hal tekanan, dan nada kan terasa janggal.



BAB III
PENUTUP


A.      KESIMPULAN
Fonologi adalah cabang ilmu bahasa (linguistik) yang mengkaji bunyi-bunyi bahasa, proses terbentuknya dan perubahannya. Fonologi mengkaji bunyi bahasa secara umum dan fungsional.
Istilah fonem dapat didefinisikan sebagai satuan bahasa terkecil yang bersifat fungsional, artinya satuan fonem memiliki fungsi untuk membedakan makna. Varian fonem berdasarkan posisi dalam kata, misal fonem pertama pada kata makan dan makna secara fonetis berbeda. Variasi suatu fonem yang tidak membedakan arti dinamakan alofon.
Kajian fonetik terbagi atas klasifikasi bunyi yang kebanyakan bunyi bahasa Indonesia merupakan bunyi egresif. Dan yang kedua pembentukan vokal, konsonan, diftong, dan kluster.
Dalam hal kajian fonetik, perlu adanya fonemisasi yang ditujukan untuk menemukan bunyi-bunyi yang berfungsi dalam rangka pembedaan makna tersebut. Dengan demikian fonemisasi itu bertujuan untuk
(1) menentukan struktur fonemis sebuah bahasa, dan
(2) membuat ortografi yang praktis atau ejaan sebuah bahasa.
     Gejala fonologi Bahasa Indonesia termasuk di dalamnya yaitu penambahan fonem, penghilangan fonem, perubahan fonem, kontraksi, analogi, fonem suprasegmental. Pada tataran kata, tekanan, jangka, dan nada dalam bahasa Indonesia tidak membedakan makna. Namun, pelafalan kata yang menyimpang dalam hal tekanan, dan nada kan terasa janggal.

B.       SARAN

Adapun saran yang dapat penulis sampaikan yaitu kita sebagai calon pendidik, harus selalu menggali potensi yang ada pada diri kita. Cara menggali potensi dapat dilakukan salah satunya dengan cara mempelajari makalah ini. Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat untuk kita ke depannya. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar